Bacaan terbaru

Jumat, 18 Februari 2011

TV LG 21FL4RG layar gelap

Suatu kebetulan dalam satu hari saya mendapat pasien 2 buah TV LG 21FL4RG dengan kerusakan yang sama persis, layar gelap tapi suara normal, tegangan G2 (screen) drop, jika diukur 0V, jika pengukuran dilakukan dalam keadaan socket CRT dilepas dari CRTnya terukur 50V saja walau setelan Screen sudah maksimum. Kesimpulannya FBTnya yang rusak.

Semula saya sempat teringat pada pengalamannya kang Aisy tentang shortnya G2 dengan G1, tetapi sebelum memvonis CRTnya saya cek dulu FBTnya.

Untuk membuktikannya saya lepas kabel screen, kemudian G2 saya kasih tegangan dengan menserikan R 15K dari +180V (pencatu Video Out). Hasilnya gambar keluar walau agak kurang terang sedikit.

Langkah selanjutnya tentu musyawarah dengan yang punya, (karena servis panggilan). Pemilik yang satu menghendaki ganti komponen yang rusak, artinya ganti FBT BSC25-N1651. Sedang yang satunya menghendaki 'direko' saja, diakal-akal, jadi dengan R 15K tadi sudah cukup, semua OK, bagi tukang yang penting sama-sama bayaran.