Bacaan terbaru

Jumat, 11 Maret 2011

Mengganti flyback TV LG Flatron

Mengganti trafo flyback bisa jadi gampang-gampang susah, lebih-lebih yang buat mengganti tidak original, padahal kebanyakan yang dijual di toko bukan barang original. Untuk mendapatkan yang ori seringkali mesti ke distributor resmi, harganya pun bisa lebih dari dua kali lipat harga yang di toko, itupun seringkali mesti pesan dulu. Tetapi mengganti dengan yang ori biasanya mudah, tinggal pasang langsung jadi, lain halnya kalau mengganti dengan yang tidak ori, seringkali ada efek samping.

Pengalaman saya mengganti flyback TV LG Flatron 21" terasa mengasyikkan, data TV tersebut begini: flyback: BSC25-N1651, IC chroma+micom: EAN57153401 LV76213 3C, IC Vertikal: STV9326, Kapasitor resonan: 123/2000V, Kapasitor yoke: 364/400V, Tr H-out: C6092.

Flyback yang saya dapatkan di toko barangnya lebih besar dari aslinya, setelah dipasang gambar muncul kebesaran sampai logo stasiun TV terpotong separo, bagian atas ada garis melintang membuat gambar terlipat. Saya jadi penasaran, disebabkan oleh flybacknya atau oleh kerusakan komponen lain ? Untuk menjawabnya saya beruntung ada TV LG lain yang sama, karenanya saya pinjam sebentar flybacknya. Dengan flyback pinjaman tersebut ternyata TV langsung normal tak ada masalah sama sekali. Ganti lagi dengan flyback baru tadi, hasilnya gambar terlalu lebar, vertikalnya melipat di bagian atas. Kesimpulannya, karakteristik flyback tidak sama.

Data pin flyback yang tertulis pada PCBnya dari kiri ke kanan searah jarum jam dilihat dari bawah: 1.COL. 2.180V 3.B+ 4.GND 5.INNER 6.26V 7.NC 8.ABL 9.Heater 10.AFC.

Pin no 6 mencatu IC vertikal, saat saya ukur ternyata hanya keluar 20V, padahal di PCB tertulis 26V, rupanya inilah penyebab gambar melipat, tegangan catu vertikal kurang. Untuk mengatasinya saya lilitkan kabel ke ferit flyback sebanyak 2 lilitan kemudian diseri dengan keluaran pin 6 sebelum masuk Dioda penyearah, hasilnya gambar membaik, lipatan di bagian atas hilang, tegangan terukur 24V.

Untuk memperbaiki gambar yang melebar saya masuk menu servis kode dengan menekan tombol MENU di remote dan di panel TV bersamaan, pindah halaman dengan menekan MENU, kemudian atur H-WIDTH, untuk simpan dan keluar tekan tombol POWER di remote.