Bacaan terbaru

Senin, 21 Maret 2011

Mbandrek flyback TV Panasonic TC-2088CDD

TV Panasonic TC-2088CDD CannonDome 21" yang saya tangani hari ini bikin pusing, masalahnya trafo flybacknya tewas dalam keadaan retak-retak dan celakanya sudah ke sana kemari cari flyback penggantinya tidak ada yang stock. Serinya: HFT2904, nyari persamaannya juga tak ada yang tahu. Akhirnya pakai jurus pamungkas : mbandrek, mengganti dengan tipe lain.

Untuk membandrek flyback langkah pertama adalah membaca PCBnya, cari tahu tata letak kaki-kaki flyback, dibaca dari bawah dari kiri ke kanan searah jarum jam : 1.Col H-OUT 2.B+ 3.24V (catu vertikal) 4.14V 5.GND 6.Heater 7.GND 8.ABL 9.NC 10.180V

Untuk membandrek pilihan saya jatuh pada flyback Goldstar 154-064P, alasannya selain paling familiar bagi saya juga pola lingkaran kaki-kakinya sama, bisa langsung masuk ke lubangnya tanpa masalah. Keuntungan yang lain adalah jalur PCB yang menghubungkan kaki-kaki flyback TV tsb kebanyakan dijumper pakai kawat, jadi tinggal lepas saja jumper-jumper tsb diganti kabel untuk disesuaikan dengan kaki-kaki 154-064P.

Tata letak kaki-kaki flyback 154-064P : 1.Col H-OUT 2.180V 3.B+ 4.GND 5.16V 6.24V 7.40V 8.ABL 9.Heater 10.AFC.

Kendala yang terjadi adalah B+ TV tsb 140V, terlalu tinggi untuk flyback 154-064P. Sempat saya eksperimen ternyata menghasilkan keluaran 24V menjadi 30V dan tegangan HV bikin suara ledakan kecil di sekitar kop anoda. Untuk mengatasinya saya turunkan B+ dengan mengganti IC SE-140 dengan SE-120 di regulator. Hasilnya, langsung muluussssh....

Mbandrek adalah tindakan ilegal yang pasti tak direstui sang perancang, karenanya bisa disamakan dengan tindakan sesat. Saya banyak mendapati teknisi yang menyesalkan ulah teknisi yang membandrek tanpa mau tahu alasannya, bahkan menjelek-jelekkannya di hadapan konsumen. Untuk mengantisipasinya saya buat jejak backup dengan menempelkan tulisan di bawah flyback yang baru, secuil solasi kertas bertuliskan HFT2904. Kelak kalau ada teknisi yang ingin khitthah kembali ke jalan yang benar saya sudah menyebutkan arah jalan yang benar tsb. Saya memang sesat, tapi kan tidak menyesatkan.