Bacaan terbaru

Sabtu, 05 Maret 2011

TV Goldstar tak ada suara

Kemarin saya dipanggil orang di kampung sebelah untuk menyervis sebuah TV Goldstar di rumahnya. Keluhannya tak ada suara walau volume sudah full, sedang gambar normal. Pikir saya loudspeakernya atau rangkaian audionya ada yang tak beres.

Sampai di TKP saya mulai 'bekerja', saya teliti keadaan lingkungan tempat TV itu berada, feeling saya 'ada syai-un (sesuatu)' nih yg kurang sreg. Saya siapkan alat-alat, obeng untuk membuka dan solder mulai saya panaskan. TV Saya bongkar, saya teliti pakai mata, bagian PCB sebelah depan (sekitar tombol-tombol) ada sedikit hijau-hijau kebiruan, terasa agak lengket di tangan, saya cek pakai hidung dengan mengendus baunya, ufff, pesing !!!

Saya kemudian minta kepada pemiliknya agar diambilkan segelas air putih, mereka nampak keheranan tapi nurut saja, ganti saya yang keheranan karena kok malah diambilkan segelas air putih tapi air minum, tapi nggak papa lah. Saya ambil kuas, saya celupkan ke air di gelas tsb dan saya gunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang pesing-pesing tadi. Selanjutnya saya keringkan pakai hairdryer.

Setelah kering TV saya hidupkan, auwww, suaranya keluar keras sekali, maklum volumenya sudah dimaksimumkan, buru-buru saya kecilkan volume. Langkah selanjutnya sempurnakan pekerjaan dengan penyolderan kembali patri-patri yang mungkin sudah mulai perlu disolder kembali.

Setelah semuanya oke, TV saya tutup, lalu ditonton bareng-bareng sambil ngobrol makan minum dan akhirnya bayaran, waktu pamitan sang tuan rumah senyum lebar banget sambil bilang "matur nuwun mbah dukun". Ternyata yang pakai air putih buat ngobati pasien bukan cuma dukun, tukang servispun bisa jadi dapat gelar 'mbah dukun' karena ngobatin TV pakai segelas air putih. Kira-kira kejadiannya adalah, ada tikus kencing di depan TV tsb, air kencingnya ada yang masuk TV bikin konslet hingga TVnya jadi tak bunyi, siapa yang bisa bersih-bersih air kencing tikus kalau bukan 'mbah dukun' ?