Bacaan terbaru

Sabtu, 06 Oktober 2012

DVD loading terus

Saat main ke rumah tetangga mendadak saja saya disodori sebuah DVD yang bermasalah. Merk dan serinya saya lupa, tapi itu jelas DVD China, walau begitu sempat pula setelah normal saya foto pakai hp. Dihadapkan problem saat tidak bawa alat apapun... lha wong saya ke situ cuma mau main.... tapi berhubung instink ntrithik saya suka kumat kalau lihat barang begituan ya mau aja. Saya minta alat yang ada, cuma ada sebuah obeng plus, 2 helai kabel sepanjang sekitar setengah meter, sebuah pisau kecil (pemes) yang biasa buat nyisir menyan (karena dia tukang udud klembak menyan), dan lepek (tatakan gelas) tempat minyak kelapa yang habis buat kerokan beserta koin lima ratusan yang udah ijo kena dakinya kaleee.

DVD kalau dipakai buat muter VCD di TVnya cuma ada layar biru bertuliskan mereknya serta tulisan LOADING......, walau ditunggu sampai seperempat jam juga tetap seperti itu, tapi kalau tanpa kaset segera saja NO DISC. Apa ya masalahnya?

Semula saya pikir motornya sudah mulai soak karena putaran kasetnya sepertinya kurang cepat, karenanya konektor catu daya dan konektor motor pemutar kaset saya lepas, lalu dengan 2 helai kabel tersebut motor pemutar kasetnya saya kagetin dengan tegangan 12 Volt dari power supply, setelah itu pasang lagi dan dicoba, eh ternyata sama saja, memang putaran kaset jadi lebih cepat dari tadi, tetapi masih tetap LOADING terus.

Saya coba periksa optiknya, dengan obeng plus tadi dudukan optik dilepas, pengunci roda gigi penggerak optik dilepas pakai pisau, lalu as optik dilepas dengan melepas satu baut di sudut yang ada di bawah lubang, sesuai teori ketiga baut yang lain jangan diutik-utik. Setelah terlepas..... naaah ketemu biang keroknya, optik tersebut macet, seret susah digeser pada asnya. Ternyata asnya karatan, jadi gimana ya kalau sekarang gantian asnya yang dikeroki. As saya bersihkan pakai koin yang habis buat kerokan tadi sambil diminyaki pakai minyak kelapa hehe.... setelah bersih dan licin lalu dipasang lagi. Ternyata jreng... eng...ing... eeengg... DVD jadi lancar lagi.
Yang punya senang, terus tanya tipsnya gimana biar awet nggak karatan lagi. Berhubung saya tak tahu jawabnya.... maka saya nasehati aja.... kalau ingin DVDnya awet gak cepat rusak ya jangan sekali-kali dipakai buat muter VCD porno....