Bacaan terbaru

Minggu, 13 Februari 2011

Mengatasi Printer HP Deskjet D1360 yang Mengamuk

Kemarin selama beberapa hari kami sekeluarga sempat dibuat takut oleh printer kesayangan yang 'mengamuk'. HP Deskjet D1360 yang kami miliki biasanya kalau mau ngeprint memang bikin gaduh dulu dengan 'gludak-gludak serr' dulu. Tapi mendadak kemarin gludak-gludak serr-nya keras sekali bagai orang ngamuk nggedor pintu, sambil terus kedip-kedip lampunya dia terus-terusan ngamuk, gludak, gludak, dok-dok-dok, serrrrr.... gludak-gludak-gludak, dok-dok-dok, serrrr.... tombol power tidak berfungsi, hanya mau berhenti kalau kabel listriknya dicabut.

Langkah-langkah 'nimbul' pun dimulai. 'Nimbul' adalah istilah untuk menyebut tindakan untuk mengatasi penari kuda lumping yang ndadi (=trance).

Dengan Voltmeter saya test tegangan yang keluar dari power supply-nya. Power supply printer HP Deskjet D1360 terpisah dari printernya, karenanya tinggal cabut kabel saja. Ada 3 kabel, yang tengah ground, yang tepi satunya harusnya +15V tetapi cuma terukur 12V, yang satunya harusnya +32V tetapi terukur 35V. Mungkin ini penyebab dia ngamuk. Kotak power supply saya bongkar, buka sekrupnya mesti pakai obeng bintang. Ternyata bukanya susah sekali karena dilem.

Setelah terbuka saya periksa, secara kasat mata tidak ada kejanggalan, sepertinya semua komponen mulus-mulus saja. Walau tak tampak menggelembung elco 220u/35V di bagian +12V dan elco 120u/50V di bagian +32V saya cabut pakai solder. Nyari-nyari ganti di rumah yang ukuran segitu kok gak dapet, mau beli ke toko males, habis toko terdekat jaraknya 12 kilometer. Akhirnya saya ganti dengan yang lebih besar, yang tadinya 220u/35V saya ganti 1000u/35V, yang 120u/50V saya ganti 470u/50V. Berhubung tempatnya sempit saya panjangkan kaki-kakinya serta saya 'kathoki' (=dipakaikan 'celana' , maksudnya kaki-kaki elco itu dikasih isolator berbentuk kathok/celana potongan isolator kabel agar tidak short dengan komponen lain) biar elconya bisa 'tidur' diatas komponen lain.

Setelah selesai saya test tegangan keluarannya, pas ...! +15V dan +32V, lalu pasang tutupnya dan dicoba, naaah....... printer HP Deskjet D1360 sudah jadi anak manis lagi.