Bacaan terbaru

Sabtu, 29 Januari 2011

Data dalam kepingan CD-RW bisa hilang sendiri

Data dalam kepingan CD-RW atau DVD-RW bisa hilang sendiri. Saya tidak tahu apakah ini hal yang umum atau tidak, tetapi pengalaman pribadi saya menyimpulkan demikian. Jika saya mem-burn data di kepingan CD-R hasilnya biasa saja, awet tidaknya tergantung barangnya. Tetapi jika saya mem-burn data itu pada kepingan CD-RW biasanya hanya bertahan sehari dua hari saja, data akan tak bisa dibaca lagi walaupun tak dihapus, nguap kali ya....? Iseng-iseng saya mencobanya pada komputer-komputer lain, ternyata hasilnya sama saja. Semula saya tak ambil pusing dengan efek ini, pokoknya kalau mau nyimpan data penting jangan pada kepingan RW, gitu aja.

Ternyata hal yang sama berulang lagi, saat membeli DVD Skema TV dari DigitalMas ternyata medianya pakai DVD-RW. Begitu buka bungkusnya terlihat kepingan DVD-RW hati saya jadi dag-dig-dug. Setelah dibuka pakai komputer benar saja, cuma DVD Blank !!! Apa gak kesal coba. Lalu coba di komputer lain, sama saja. Masih penasaran, coba di komputer tetangga, sama saja, padahal semua drive yang buat membacanya tak bisa menghapus DVD-RW. Coba di sistem Linux, juga sama saja. Akhirnya saya komplain sambil wanti-wanti jangan pakai kepingan RW, dan seminggu kemudian kiriman DVD Skema TV yang pakai kepingan DVD biasa sampai dan bisa berfungsi dengan baik. Alhamdulillah. Matur nuwun nggih Kang Dede.

Pelajaran berharga, jangan percayakan data penting pada kepingan CD/DVD-RW, setidak-tidaknya hingga waktu saya menulis ini, kepingan CD/DVD-RW belum saatnya dipercaya untuk menyimpan data penting.