Bacaan terbaru

Rabu, 25 April 2012

Polytron MP-4100KC mati

Seorang teman saya datang membawa bungkusan yang cukup unik cara membungkusnya, saya sampai mengira kalau dibawain oleh-oleh.... atau brekat.....eh, ternyata tidak, setelah dibuka ternyata sebuah radio cassette compo berbentuk kapsul bermerk Polytron MP-4100KC. Keadaannya mati tidak bunyi, mekanik tape juga tidak muter, tapi saat listrik dicolokkan terdengar bunyi 'dug' di speaker.

Compo saya bongkar, agak repot juga ternyata bongkar mesinnya.
Setelah ubek-ubek trouble shooting akhirnya ketemu problemnya ada pada switch TAPE-RADIOnya. Saat saya cermati pakai senter dan kaca pembesar nampak ada kaki-kaki switch tersebut yang putus keropos. Switch lalu saya lepas dengan cara menyedot timah patrinya terlebih dahulu sampai bersih, setelah terlepas nampak 2 pin yang putus di pangkalnya, serta bagian dalamnya hijau kebiruan entah kena benda kimia apa. Dengan tang dan obeng minus, itu switch lalu saya bongkar, bagian dalamnya saya bersihkan, untung bagian dalamnya belum keropos, cuma sangat kotor saja. Kaki yang putus lalu saya sambung pakai serabut kabel yang dililitkan sedemikian rupa pada pangkal pin yang masih tersisa sedikit dan dipatri.
Setelah selesai lalu dipasang lagi. Ternyata sukses. Radio langsung mendesis saat dihidupkan, tape juga jadi mau muter dan bunyi. Tapi eit.... ternyata radionya cuma nangkep siaran beberapa stasiun saja, padahal harusnya banyak sekali.
Sekarang pindah bagian PCB tuner yang diobok-obok. Akhirnya main tebakan aja. CF 10.7 MHz-nya langsung aja saya ganti, dan alhamdulillah langsung sukses. Radio FM langsung nangkap siaran lebih keras, lebih jernih, dan jauh lebih banyak.