Bacaan terbaru

Jumat, 06 Mei 2011

Monitor Blank

Malam Jum'at kemarin saya menghadiri pengajian di masjid setempat, di sana muballigh penceramahnya yang juga seorang kepala sekolah menemui saya meminta untuk membetulkan komputer sekolahnya yang bermasalah dan saya sanggupi.
Esok harinya saya datang ke kantor sekolah itu, sebuah Madrasah Ibtidaiyah. Komputernya sudah dipersiapkan di sebuah meja, sudah dinyalakan tetapi layarnya blank, seorang guru menerangkan kalau RAMnya sudah dibersihkan tetapi tidak berhasil. OK, apanya yang rusak ya, CPUnya atau monitornya? (Kalau tak salah merk monitornya CineX). Untuk menjawabnya saya matikan dulu komputer tsb. kemudian saya keluarkan netbook dan saya nyalakan, kemudian kabel VGA monitor tsb saya hubungkan ke port VGA netbook, saya cek melalui Device Manager, ternyata terdeteksi, lalu saya ONkan dengan menekan tombol Fn+F7, yaitu memilih monitor LCD saja, atau CRT saja, atau kedua-duanya, di sini saya aktifkan kedua-duanya. Hasilnya, monitor tetap blank tetapi lampu indikatornya hijau. Kesimpulannya, jelas monitornya yang problem.
Monitor saya bongkar, kemudian dihidupkan lagi seperti tadi, terus dilakukan pengecekan tegangan dengan Voltmeter. Hasilnya, saya dapati tegangan 5V kedapatan drop, karena itu lanjutkan langkah matikan monitor dan cek dengan Ohmmeter, hasilnya kedapatan diode zener 5V-nya short.
Penggantian diode zener di jalur 5V tersebut dengan zener 5,1V ternyata langsung mengatasi masalah, monitor langsung menampilkan tampilan desktop.
Pelajaran yang sangat penting, kalau jadi tukang servis jangan lupa zener 5,1V selalu stock, juga buat toko elektronik, kalau hare gene gak jual zener 5V............ toko elektronik payah...