Bacaan terbaru

Rabu, 10 Agustus 2011

Laptop Acer Aspire 4315 tak mau hidup

Sebuah laptop merk Acer Aspire 4315 dibawa kepada saya dengan keluhan tak mau hidup. Jika dinyalakan hanya menyala lampu powernya sebentar lalu padam lagi. Diulang-ulang tetap saja seperti itu. Waduh, apanya ya? Terus terang baru kali ini saya menghadapi laptop model ini dengan kasus demikian, biasanya laptop yang dibawa ke saya masalahnya cuma masalah software, kalau ini sepertinya masalah hardware.
Sebelum membongkar saya belajar dulu, baca-baca artikel tentang laptop, juga browsing dulu hingga akhirnya keberanian main bongkar muncul. (Kalau tahu pengalaman orang lain kan jadi mantap).

Dengan sebuah obeng + dan sebuah hairdryer sebagai alat service perbaikan dimulai, laptop saya lepas baterenya dulu, lalu buka penutup bawahnya, RAMnya ada 2 buah saya lepas semua dan saya bersihkan, kemudian bagian dalam laptop saya panasi dengan hairdryer, setelah itu RAMnya juga dipanasi, lalu dipasang lagi. Kemudian batere dipasang kembali, charger dipasang, tunggu sampai sekitar 5 menit biar kalau baterenya tekor bisa isi lagi. Setelah itu coba dinyalakan, ternyata berhasil. Laptop menyala dan bisa digunakan kembali. Alhamdulillah, tinggal sempurnakan pasang tutupnya, dan beres sudah.