Bacaan terbaru

Selasa, 05 April 2011

Modem CDMA USB rusak

Sudah lebih dari seminggu modem yang saya gunakan mengalami kerusakan, sebuah modem USB CDMA merk Venus VT-18. Gejalanya saat buat online mendadak down, koneksi putus, lalu didial lagi, connect lagi, terus putus lagi, lama-lama putusnya tidak hanya nggak connect internet tapi juga hilang dari sistem. Terus dicabut, dipasang lagi didial lagi, connect beberapa menit, hilang lagi. Kesimpulannya modemnya rusak.

Tanpa dasar pengetahuan sama sekali modem saya bongkar, saya lihat dalamnya, saya gunakan untuk internetan dalam keadaan terbuka, kadang saya goyang-goyang untuk cari tahu barangkali saja ada yang kendur. Tegangan yang dipakai berasal dari USB komputer sebesar 5V, melewati sebuah IC regulator menghasilkan tegangan 3,8V, dengan Voltmeter saya amati tegangan yang 3,8V ini, saat down ternyata tegangannya drop.
Sekedar iseng bagian B+ yang 3,8V tersebut saya tempeli elco 100u/6,3V , eh lha kok langsung cespleng, tegangan jadi stabil, koneksi jadi lancar kembali. Masalah selanjutnya adalah elco tersebut membuat modem tak bisa ditutup, maklum semua komponennya SMD. Akhirnya posisi elco saya 'tidurkan' dan saya pipihkan pakai tang, ternyata hasilnya OK, tutup bisa dipasang lagi. Ngawur tetapi jadi.